Saturday, April 10, 2010

Tekwan, Berkotek Samo Kawan





Berhubung ada beberapa sahabat yang minta artikel disini ditambah, maka saya buat tulisan dengan judul di atas. "Tekwan, Bekotek Samo Kawan". Barangkali sudah banyak yang tau dengan Tekwan (sejenis Sup bakoo ikan khas Palembang). Tekwan, berkotek samo kawan...? Pasti banyak yang tidak mengerti arti kalimat itu. Baiklah, mari dengarkan kisah saya.

Sesungguhnya , he, saya juga tidak tau pasti asal-muasal kalimat itu. Itu istilah yang sering saya dengar ketika saya kecil dulu. Tiap kali ada yang menyebut tekwan....., teman-teman saya langsung menyambung....berkotek samo kawan. Singkat kata menjadi sahlah istilah itu di perkumpulan anak kecil di zaman saya.

Mengapa disebut begitu....? Berdasarkan hasil renungan saya yang asal ini, istilah itu cuma istilah anak-anak. Akronim yang tidak jelas. Sekedar menyambung dan mencocokkan bunyi dengan kata-kata sebelumnya. Berkotek, lebih bermakna sebagai mengobrol, berkelakar. Tekwan, berkotek samo kawan. Arti asal-asalannya adalah : Tekwan, (mari makan sambil) ngobrol dengan kawan, hehe. Begitulah kira-kira.

Sudah pernah makan tekwan kan..? Kalau belum, makanan ini layak dicoba. Apalagi bila anda penggemar makanan hangat berkuah dengan rasa ringan (tanpa santan dan pengental) yang mantap sedapnya. Disantap saat gerimis, hm...tambah mantap. Silahkan mencari tekwan. Bila sudah ketemu, selamat mencoba. Tekwan....berkotek samo kawan.

30 comments:

  1. aduh bikin ngiler, mau dong nyobain, sedikit ajah, sesendok, sendok tembok.. he.. he.. salam kenal..

    ReplyDelete
  2. Selamat sore sobat, ini kunjungan pertama blog arbitter kemari...mohon dukunganya ya,saya udah memfollow blog ini dan di tunggu follow baliknya
    sekedar mereview sedikit, portal kami adalah http://arbitter.co.cc/ di sana ada dua tombol yaitu sebelah kiri untuk masuk ke halaman blog sedangkan sebelah kanan untuk masuk kedalam forum, bila berkenan harap bergabung ke dalam forum tersebut , di sana kami membahas tentang dunia web designer dan hacking, proses regristrasi tidak terlalu ribet kok, mudah dan cepat, sobat juga bisa mempublikasikan blog sobat berapapun jumlahnya, sesuai dengan aturan yang berlaku di forum kami, terimakasih

    ReplyDelete
  3. sampurasuuunnnn.... mampir tuk melihat tapi tak bisa merasakan, boleh tuh di kirim ke bogor, salam kenal

    ReplyDelete
  4. ya ampyuuuuuuuun TEKWAN...
    kalo tanteku pulang, biasanya dia masakin TEKWAN. kalo gak ada dia, gak penah makan tekwan. disini gak ada sih...

    ReplyDelete
  5. berkunjung mencari info terbaru
    terima kasih
    link http://www.imtikhan.co.cc

    ReplyDelete
  6. kayaknya enak nih buat buka puasa.... tapi sayangnya di sini ga da yang jualan tekwan sih... salam kenal mbak visit n follow me ya???

    ReplyDelete
  7. Bikin lapar nih abis liat foto-foto makanan. Salam sukses.

    ReplyDelete
  8. yuhuuuuu, ga pake resepnya...*pnasaran jadinya*

    ReplyDelete
  9. enaknya, dulu pernah nyobain celimpungan nyam..nyam... enak, waktu di bangka, di jakarta ada tak ya

    ReplyDelete
  10. Minta donk mba...Kunjungan perdana salam knl mba...Kunjg blk+follow ya...Aq dah following blog ini

    ReplyDelete
  11. jadi pengen coba itu Tekwan...
    keren...saya selalu suka ada usaha yg menampilkan ciri khas suatu daerah...
    inspiratif bgt...G luck, bu

    ReplyDelete
  12. biar ak asli palembang tp kalo tekwan ak kurang suka plgi kalo beli sndiri kcuali dibeliin ak baru makan heheheh :)

    bajuqueen.blogspot.com

    bkunjung ksini y yuk :)

    ReplyDelete
  13. hmmm... menggoda selera.

    sebentar lagi Ramadhan datang niiih...
    Mari kita sambut Ramadhan dengan iman. Kita genggam tarawih dengan gigih. Kita peluk tadarus dengan tulus. Kita belai sahur dengan Syukur. Kita sayangi puasa dengan banyak Do’a dengan sepenuh hati dan jiwa raga, semoga Istiqomah. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM MOHON MA’AF LAHIR dan BATHIN

    ReplyDelete
  14. ngilerlah aku lihatnya xD
    wangi banget yak

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah,..sudah pernah ngrasain enaknya tekwan :)

    ReplyDelete
  16. wah nibu ngegoda aku yg lagi puasa ah kwkwkwkwk

    ReplyDelete
  17. lama tak berkunjung disini...pa kabar? anakku suka banget tekwan.. :)

    ReplyDelete
  18. ooh.. jadi si anak mencoba menerjemahkan tekwan itu berarti berkotek samo kawan.. haha.. lucu mbak. Kalo begitu, saya juga coba ngartiin ah.. Tekwan : berkotek sambil makan bakwan. hehehe

    ReplyDelete
  19. hmmmm enaknya tekwan palembang..... jadi kepingin niiih.

    Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

    ReplyDelete
  20. Ini makanan kesukaanku mba, walaupun aku orang solo tapi menyantap makanan ini mak nyuss rasane.. tapi kok ndak dipostingin resepnya yo? he..he..

    ReplyDelete
  21. keliahatannya enak buangettzzz... mau..mauuuu... :)

    ReplyDelete
  22. seger kayaknya neh...

    sama bakso enak mana ya?

    ReplyDelete
  23. beuh mantap nih, makan bakso di temani udara dingin,, :D

    salam kenal gan, saya tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete